Another Templates

Rabu, 09 Februari 2011

POLITETRAFLUOROETILEN (PTFE)

         Ketahanan listrik (khususnya sifat khas frekuensi tinggi) baik sekali, unggul dalam ketahan panas dan ketahanan dingin. Indeks ketahanan abrasi rendah sekali yang berarti bahwa bahan tak saling melekat dengan zat lain. Resin ini secara kimia stabil dengan kristalinitas sangat tinggi. Warnanya putih seperti lilin, lebih keruh daripada polietilen. Bahan ini merupakan resin terberat diantara resin yang dipergunakan dalam praktek, massa jenisnya 2,1- 2,3.
            Sifat mekaniknya hampir sama seperti polietilen bermassa jenis tinggi. Suhu deformasi termal pada 4,6 kgf/cm2 adalah 120 °C dapat digunakan untuk waktu lebih lama pada 90 - 260°C. Ketahanan panasnya sekitar 288°C. Kristalinitasnya hilang bila melewati 300°C, dan kekuatan tariknya berkurang sangat cepat. Perubahan volume karena suhu dapat diamati. Mengenai sifat kimianya, zat ini hanya diserang secara bertahap oleh logam alkali dan oleh gas flour yang tinggi konsentrasinya, tetapi tak pernah diserang oleh aqua regia, asam nitrat panas, asam sulfat panas dan soda kaustik panas berkonsentrasi tinggi, karena merupakan resin terkuat. Karena tak larut dalam pelarut, maka kemampuan pemoresannya jelek. Ketahanan melar dan ketahanan abrasi tak selalu menguntungkan.
            Mengenai sifat listriknya, bahan ini unggul dalam isolasi listrik, dan kurang dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban.
            Dengan menggunakan ketahanan kimia terbaik, bahan ini secara luas digunakan untuk gasket, pembungkus, selang dan pipa. Umurnya dapat dikatakan semi permanen. Dengan memanfaatkan ketahanan geseknya yang rendah, bahan ini banyak digunakan untuk dudukan katup, bantalan, cincin torak, dan sebagainya. Cukup banyak digunakan untuk penggoreng yang tak lekat, setrika dan alat rumah tangga lainnya. Secara luas dipergunakan sebagai komponen listrik yang tak terdegradasi. Juga digunakan untuk pembuluh darah buatan dan material lain yang vital.

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan, masukan, saran, pertanyaan, sanggahan mungkin juga kritik membangun buat artikel yang baru aja kamu baca bisa kamu curahkan dibawah sini...

Berbagi dan Publikasikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More