Another Templates

Rabu, 09 Februari 2011

KOBAL

       Kobal adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Co dan nomor atom 27. Warna: sedikit berkilauan, metalik, keabu-abuan Penggolongan: Metalik Ketersediaan: unsur kimia kobal tersedia di dalam banyak formulasi yang mencakup kertas perak, potongan, bedak, tangkai, dan kawat. contoh besar Dan kecil unsur kimia. Unsur kimia kobalt juga merupakan suatu unsure dengan sifat rapuh agak kerasdan mengandung metal serta kaya sifat magnetis yang serupa setrika. Unsur kimia kobalt adalah batu bintang. Deposit bijih. Cobalt-60 ( 60Co) adalah suatu isotop yang diproduksi menggunakan suatu sumber sinar ( radiasi energi tinggi). unsur kimia/kobalt mewarnai gelas/kaca serta memiliki suatu keindahan warna kebiruan.

Sifat Logam Kobal
Sifat Fisik :
· Melebur pada suhu 14900 C dan mendidih pada suhu 35200 C
· Memiliki 7 tingkat oksidasi yaitu -1, 0, +1, +2, +3, +4 dan +5
· Kobal relatif tidak reaktif, meskipun ia larut lambat sekali dalam asam mineral encer.
· Unsur kimia Kobal juga merupakan suatu unsur dengan sifat rapuh agak keras dan mengandung metal serta kaya sifat magnetis yang serupa setrika. Unsur kimia Kobal adalah batu bintang.
Sifat kimia :
· Mudah larut dalam asam – asam mineral encer
· Kurang reaktif
· Dapat membentuk senyawa kompleks
· Senyawanya umumnya berwarna
· Dalam larutan air, terdapat sebagai ion Co2+ yang berwarna merah
· Senyawa – senyawa Co(II) yang tak terhidrat atau tak terdisosiasi berwara biru.
· Ion Co3+ tidak stabil, tetapi kompleks – kompleksnya stabil baik dalam bentuk larutan maupun padatan.
· Kobal (II) dapat dioksidasi menjadi kobal(III)
· Bereaksi dengan hidogen sulfida membentuk endapan hitam
· Tahan korosi

Cara Memperoleh Kobal


Ketersediaan unsur kimia kobal tersedia di dalam banyak formulasi yang mencakup kertas perak, potongan, tangkai, dan kawat. Unsur kimia Kobal juga merupakan suatu unsur dengan sifat rapuh agak keras dan mengandung metal serta kaya sifat magnetis yang serupa setrika. Unsur kimia Kobal adalah batu bintang. Deposit bijih. Kobal-60 ( 60Co) adalah suatu isotop yang diproduksi menggunakan suatu sumber sinar ( radiasi energi tinggi). unsur kimia/Kobal mewarnai gelas/kaca serta memiliki suatu keindahan warna kebiruan.

Logam paduan kobal

1.Nikel dan Paduan Kobal
·Merupakan rangkaian buat bahan pesawat
·Tidak mudah korosif
·Kobal selalu terdapat bergabung dengan Nikel dan biasa juga dengan arsen. Sumber utama kobal adalah ‘ speisses “, yang merupakan sisa dalam peleburan bijih arsen dari Ni, Cu, Pb.


2. Alloy
Alloy adalah paduan kobal-based dengan kekuatan yang sangat baik suhu tinggi dan ketahanan oksidasi yang baik untuk 2000 ° F (1093 ° C). Tingkat krom tinggi ditambah dengan penambahan kecil lantanum menghasilkan skala yang sangat ulet dan protektif. paduan ini juga memiliki ketahanan sulfidasi baik dan stabilitas metalurgi yang sangat baik ditampilkan oleh keuletan baik setelah terlalu lama terkena suhu yang tinggi.


Penggunaan Kobal di Industri
1.Radioisotop dalam industri
2.Kobal-60: Digunakan untuk sterilisasi gamma, radiografi industri, kepadatan dan ketinggian mengisi.
3.Industri mobil memakai paduan bahan kobal

Tingkat Bahaya Kobal

1.Toksisitas kobalt cukup rendah dibandingkan dengan logam lain dalam tanah.
2.Hewan diberikan kobalt klorida perorally atau melalui suntikan menunjukkan konsentrasi yang lebih tinggi dalam hati, dengan konsentrasi agak rendah di ginjal dan limpa.
3.Kobal garam terhirup menyebabkan iritasi pernafasan mungkin menyebabkan oedema paru (pneumonia kimia) pada hewan.


Dirangkum dari berbagai SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan, masukan, saran, pertanyaan, sanggahan mungkin juga kritik membangun buat artikel yang baru aja kamu baca bisa kamu curahkan dibawah sini...

Berbagi dan Publikasikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More