Another Templates

Rabu, 09 Februari 2011

INTAN


Intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industry.
Intan terutama ditambang dari pipa-pipa vulkanis, tempat kandungan intan yang berasal dari bahan-bahan yang dikeluarkan dari dalam Bumi karena tekanan dan temperaturnya sesuai untuk pembentukan intan.
Intan terdapat dari dalam perut bumi yang digali baik secara manual maupun dengan mekanisasi. Sekarang kebanyakan para penambang intan sudah menggunakan mekanisasi, yaitu dengan mesin penyedot untuk menyedot tanah yang sudah digali.
Sifat - sifat intan : 

1.      Kilauan (cahaya)
Karakteristik lain yang membuat berlian inheren berharga adalah kilau cahayanya. Intan mencerminkan cahaya dengan baik. Anda dapat mengambil sepotong kaca segi (misalnya kristal Swarovski) atau sepotong segi kuarsa berwarna terang dan meneliti aspek dalam cahaya putih (aspek dipoles adalah bagian kecil yang berada di             permukaan batu permata dipotong). Anda akan melihat bahwa aspek dari berlian hampir putih, sedangkan aspek gelas atau kuarsa agak transparan.

2.       Kekerasan (ketahanan)
Alasan bahwa intan adalah permata dunia yang khusus adalah bahwa mereka dapat menjadi yang paling tahan lama. Mereka adalah substansi alam yang sulit didapatkan di dunia. Intan memiliki angka 10 pada skala moh's kekerasan dan mempunyai nilai kekerasan mutlak (absolute hardness) antara 167 dan 231 gigapaskal dalam berbagai ujian. Ini berarti bahwa hampir tidak ada yang dapat menggaruk intan (kecuali intan lain). Intan memiliki pesawat belahan dada, seperti kebanyakan mineral, sehingga jika jatuh atau memukul dengan sudut tertentu, mereka akan retak atau pecah. Oleh karena itu, penting bahwa berlian adalah segi dan diatur dengan cara yang melindungi wilayah rawan tersebut.

3.       Dispersi
Intan adalah mineral khusus karena intan dapat membuat pelangi. Ini disebut dispersi, dan ini keunikan dari intan. (Batu permata lainnya dengan dispersi tinggi termasuk Zirkon, dan CZ). Ketika memutar berlian di dalam ruang terang, maka anda akan menangkap sekilas "api," kilatan cahaya berwarna. 

4.      Konduktivitas termal
Tidak seperti kebanyakan insulator listrik, berlian murni adalah konduktor panas yang baik karena ikatan kovalen yang kuat di dalam kristalnya. Konduktivitas termal berlian alami adalah yang tertinggi diantara material solid yang pernah diketahui. Kristal tunggal berlian sintetis dengan kemurnian 99,9% memiliki konduktivitas termal sebesar 30 W/cm K pada temperatur ruangan, lima kali lebih tinggi dibandingkan tembaga yang merupakan logam penghantar panas yang baik. Konduktivitas termal berlian akan berkurang sebanyak 1,1% dengan kehadiran atom karbon-13. Konduktivitas termal berlian dimanfaatkan oleh para penjual batu perhiasan dan ahli batu perhiasan untuk membedakan berlian asli dengan imitasi.
Ada banyak sumber daya dan sangat tersedia informasi tentang bagaimana mengevaluasi kualitas berlian. Ada berlian grading lembaga yang mengeluarkan sertifikat untuk berlian, merinci apa yang Anda dapatkan. Karena itu, belanja untuk berlian memerlukan kecerdasan, dan kehati-hatian.
Intan memiliki tingkat kekerasan yang tinggi karena struktur intan yang sangat kokoh. Berikut adalah penjelasan mengenai sruktur kristal :
ž  Intan biasanya berkristal dalam bentuk sistem kristal dan terdiri daripada atom karbon ikatan tetrahedron. Bentuk kedua, dikenali sebagai lonsdaleite dengan simetri hexagonal amat jarang dijumpai, tetapi merupakan ciri-ciri berlian buatan.
ž  Susunan atom tetrahedral dalam kristal berlian adalah kebanyakan ciri-ciri berlian, dan hasilnya menunjukkan ciri-ciri fisikal dramatik.
Berikut adalah contaoh gambar dari struktur intan.
Struktur hexagonal :




Dirangkum dari berbagai SUMBER 

6 komentar:

kalau kita menemukan batu intan lalu kita mau menjualnya....kemana kita tawarkan karena batu intan sangat mahal....

batu intan banyak gigunakan sebagai mata bor, jual aja ke tukang tambang dong... pasti laku

APA BETUL INTAN BISA DIPERGUNAKAN UNTUK MEMOTONG KACA?

APA MUNGKIN ADA SERBUK INTAN? BGM CARA MEMANFAATKAN SERBUK TERSEBUT?

TQ JAWABANNYA.

iya bang, Intan itu mineral paling keras di planet bumi, kalo cuma kaca mah kecil bang, baja aja kalah, nilai kekuatannya 10 Mohs...

tapi intan bisa dibentuk, caranya ? digosok gosok penuh kesanbaran

cara pemanfaatan batu intan gimana mas..??

sangat bermanfaat artikelnya. topiknya sama dengan blog saya. intan adalah berlian (berasal dari mineral) bahasa inggrisnya diamond. saat ini sedang trend batu akik, banyak sekali pemoles batu mencari serbuknya. karena serbuknya di yakini sangat bagus untuk sebagai pengkilap batu akik, buat juragan yang sedang cari serbuk intan bisa mampir ke blog saya. terima kasih pak admin blognya keren

Posting Komentar

Tanggapan, masukan, saran, pertanyaan, sanggahan mungkin juga kritik membangun buat artikel yang baru aja kamu baca bisa kamu curahkan dibawah sini...

Berbagi dan Publikasikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More